Sunday, August 4, 2013

Lagu Kapal-kapal yang Melempar Sauh


Samalona, Makassar, 7 Mei 2013.


Aku adalah galiung-galiung Mediterania
   Merambah semesta demi gilap-gemerlap dunia
Aku adalah jung-jung Cathay yang meraksasa
   Menjajagi lautan untuk mereguk, meraup, menguasa
Aku adalah phinisi-phinisi Polynesia
   Perawani mandala demi dahaga kembara


Aku
adalah kapal-kapal yang melempar sauh
   dan engkau
   adalah dermagaku.


                                                   Kepada cakrawala kulayarkan hidup
                                                   Untuk dibuai ombak dan arus samudera
                                                   Merengkuh badai dan menelan taifun
                                                   Menerjang pasang dan mengarung surut lautan

                                                   Aku adalah kapal-kapal yang melempar sauh
                                                   Meninggalkanmu, dermaga keberangkatanku
                                                   Meski sejatinya layar ini merindu sepoimu
                                                       dan jangkar ini mengangan telukmu



Dan kau tahu dalam pelayaranku
    akan ada nyiur-nyiur yang merayu
    Pantai-pantai berserak gading dan gaharu
Dan aku tahu suatu kelak ku akan kehilangan arah
    Ketika navigasi ini buyar wuku dan lintang
    eksotika tropika berbalur permata



                                                   Namun, semantap dan sekokoh tiang-tiangku
                                                   Seerat pancang-tambang di buritanku

                                                   Bahwa sekalipun dalam pelayaranku
                                                   Di tanjung lain trireme ini sempat terengkuh
                                                   Di teluk berbeda katamaran ini sempat tertaut
                                                   Bahwa sepasti engkau awal berangkatku
                                                   Engkau jugalah akhir tujuku


Dan suatu hari aku akan kembali, berlabuh
   untuk menautkan jangkar emasku
   di jari dermagamu


                                                   Untuk kali ini
                                                      menetap.





Yogyakarta, 3-4 Agustus 2013.