Sunday, June 7, 2009

Tampilan Baru, Tampilan Lama; Bagus yang Mana?

Bienvenue.

Bagi para pembaca yang sudah pernah mengunjungi blog saya sebelumnya, mungkin sedikit terkejut dengan perubahan layout. Ya, saya sudah mengganti layout lama saya. Mengapa? Alasannya sederhana saja: saya ingin mencoba sesuatu yang baru. Bukan berarti saya sudah bosan dengan layout yang lama. Saya hanya ingin bereksperimen.

Pada awalnya saya mencari-cari template yang bagus dari sebuah situs template bernama BlogSkins. Ada beberapa template yang saya akui unik dan menarik. Namun, meskipun dari segi artistik memang indah, templates tersebut tidak memenuhi kriteria template blog yang saya butuhkan.

Mengapa? Hanya ada dua alasan. Pertama, dari segi lebar wadah tulisan. Bagi saya blog adalah tempat untuk menuangkan imajinasi; dan saya setuju sepenuhnya dengan apa yang dikatakan Ms Dewi Lestari dalam tulisan terbarunya, Nge-blog: Perjalanan Panjang Dengan Hati: Bahwa yang paling penting dari blog adalah isinya. Bukan tampilannya, yang sebenarnya hanyalah aksesori.
Oleh karena itu saya kecewa saat mendapati bahwa templates tersebut memberi ruang yang sangat kecil bagi tulisan. Mereka justru menonjolkan hiasan-hiasan yang remeh temeh daripada tulisan! Betapa kecewanya saya. Maka, karena saya tidak ingin mengedepankan tampilan unik dan antik, namun mengorbankan kenyamanan dalam membaca tulisan, saya pun batal menggunakan templates tersebut.

Alasan kedua, dari segi kepraktisan. Seperti yang sudah saya sebut kebanyakan tersebut menonjolkan keindahan--serta, sejujurnya, keramaian. Betapa banyak fitur-fitur dan aksesori unik dalam templates yang saya temui. Misalnya, profile harus dibuka dengan menyibak kumpulan kancing warna-warni; bahkan ada yang blognya justru disembunyikan. Apa gunanya membuat blog bila tidak untuk dibaca, coba?

Oleh karena dua alasan utama tersebut, serta mungkin beberapa alasan sampingan yang saya sendiri tidak menyadarinya, saya memilih menggunakan template resmi Blogger untuk diaplikasikan dalam blog saya. Karena seperti yang seharusnya sudah saya sadar, Blogger sangat menyadari apa guna blog; dan oleh karena itu, templates mereka lebih memperhatikan kenyamanan membaca daripada pamer aksesori.

Saya, tentu saja, tidak tahu apakah layout saya lebih bagus daripada yang lama. Oleh karena itu, pembaca lah yang seharusnya menentukan. Vote Polling saya di sebelah kanan blog untuk evaluasi saya. Saya akan sangat berterimakasih atas pendapat yang pembaca berikan. Bukankah ini semua juga demi kenyamanan Anda membaca?

PS:
Minggu depan, akan diadakan ulangan umum kenaikan kelas di sekolah saya. Oleh karena itu, dengan tulus, saya meminta doa dari pembaca, agar saya bisa mendapatkan nilai yang memuaskan, naik ke kelas 9, serta memperoleh peringkat tinggi pula di kelas dan sekolah (AMIN!).


Terima kasih atas perhatiannya, saudara dan saudari Pembaca.


-akib-